Selasa, 09 Agustus 2011

KBS Mendapat Kritikan Karena Menayangkan Drama Tentang Pasangan Sesama Jenis

Sebauh drama terbaru yang tayang di KBS berjudul ‘Daughters of Club Bilitis’ membuat pemirsa marah karena drama tersebut bercerita tentang pasangan sesama jenis.
Pada 7 Agustus, drama tersebut tayang perdana sebagai drama lesbian (pasangan sesama wanita) pertama di Korea, yang menceritakan tentang kehidupan 3 pasangan lesbian. Drama tersebut bermaksud untuk menggambarkan hubungan lesbian dari semua generasi, dan menceritakan sebuah cerita dari Choi Ran dan Choi Hyang Ja (50 tahunan), wanita karir Han Go Eun dan Oh Se Jung (30 tahunan), dan siswi sekolah menengah atas Jin Se Yeon dan Ahn Ji Hyun.
Kontroversi berawal saat drama tersebut pertama kali diangkat oleh KBS. Walaupun telah dikonfirmasi dijadwalkan tayang tengah malam, banyak yang menentang ide dari KBS untuk menayangkan drama bertema lesbian. Untuk itu, KBS memberikan rating 19 tahun ke atas untuk drama ini.
Para kritikus memuji drama ini karena “menggambarkan secara detail tentang kehidupan komunitas LGBT (Lesbian, Gay, Bisexual, Transgander) serta rasa sakit dan rintangan yang mereka hadapi.”
Namun, beberapa pemirsa merasa ragu. Bahkan sebelum drama ini ditayangkan, netizen membanjiri pesan dinding drama tersebut dengan komentar-komentar yang menentang dengan keras tentang penayangan drama ini.
Seperti komentar pada 8 Agustus, “KBS harus bangun dari ilusi ini”, “Ini akan membawa pengaruh negatif untuk para remaja”, dan “Drama ini adalah sebuah kejahatan terhadap kemanusiaan.”
Untungnya, pemirsa yang lain mempertahankan drama ini dengan memuji, “Akting, pengarahan, dan naskah semuanya adalah kualitas tinggi”, dan “Ini merupakan percobaan yang berani.”
Seorang perwakilan dari industri penyiaran berkata, “Ada orang-orang LGBT di sekitar kita. Hanya karena drama ini bertema LGBT tidak berarti ini dimaksudkan untuk mengajak/merangsang orang (untuk melakukannya) secara sengaja, juga orang-orang masih melihatnya melalui mata mereka. Karena KBS merupakan jaringan penyiaran publik, masih ada hambatan untuk menayangkan drama dengan konten seperti itu. Tapi, kami berharap bahwa orang-orang akan menonton drama ini apa adanya: sebuah drama.”
Source + Photos: Ilgan Sports via Nate
via allkpop

Tidak ada komentar:

Posting Komentar