Sama seperti tahun lalu, sejauh ini di tahun
2011, industri musik Korea telah didominasi oleh para
idola. Dengan kelompok idola mempromosikan di luar negeri
sebagai bagian dari Hallyu wave, pengaruh mereka telah menyebar ke
luar Asia ke Eropa dan Amerika Selatan .
Kini kita dapat membandingkan “Report Card” (alias album dan penjualan digital) dari kelompok laki-laki dan kelompok perempuan untuk tahun ini . ->Kelompok yang mempengaruhi pada industri musik
Menurut hasil Gaon Chart tahun ini (dari 2 Januari-1 Oktober),Para idola menempatkan 51 lagu dari 100 lagu teratas pada grafik digital.
Para kelompok idola yang termasuk antara lain :T-ara, 2NE1, Big Bang, f (x), CNBLUE, B2ST, miss A, Secret, Sistar, dll
Ketika chart album terakhir, sudah jelas bahwa para kelompok idola memiliki pengaruh kuat pada penjualan album daripada di penjualan digital.
Kini kita dapat membandingkan “Report Card” (alias album dan penjualan digital) dari kelompok laki-laki dan kelompok perempuan untuk tahun ini . ->Kelompok yang mempengaruhi pada industri musik
Menurut hasil Gaon Chart tahun ini (dari 2 Januari-1 Oktober),Para idola menempatkan 51 lagu dari 100 lagu teratas pada grafik digital.
Para kelompok idola yang termasuk antara lain :T-ara, 2NE1, Big Bang, f (x), CNBLUE, B2ST, miss A, Secret, Sistar, dll
Ketika chart album terakhir, sudah jelas bahwa para kelompok idola memiliki pengaruh kuat pada penjualan album daripada di penjualan digital.
Untuk tangga album dari periode yang sama, kelompok
idola memiliki 69 album dari 100 peringkat, dan di posisi 1-10
semua album milik kelompok idola.
-> Kelompok perempuan mendominasi penjualan online
(mp3), sementara kelompok anak laki-laki mendominasi penjualan
offline (CD)
Kelompok perempuan jelas mendominasi grafik digital. Dari 51 lagu
kelompok idola di atas 100, 31 (61%) di dominasi oleh kelompok
perempuan.
Sebaliknya, kelompok laki-laki kuat atas penjualan album offline atau fisik pada tahun ini. Atas penjualan 10 album teratas untuk tahun ini (dengan pengecualian KARA di tempat8) semua dari kelompok laki-laki. Super Junior, TVXQ, dan JYJ terdiri yang berada di posisi 3 teratas untuk tahun ini
Choi Kang Ho, direktur Asosiasi Industri Musik Content menyatakan, ”Untuk offline atau penjualan album, mayoritas konsumen yang terdiri dari penggemar setia grup idola bukan penggemar musik biasa … kelompok laki-laki, yang memiliki penggemar yang lebih dekat dibandingkan dengan kelompok perempuan, telah menunjukkan penjualan album yang tinggi. ”
Sebaliknya, kelompok laki-laki kuat atas penjualan album offline atau fisik pada tahun ini. Atas penjualan 10 album teratas untuk tahun ini (dengan pengecualian KARA di tempat8) semua dari kelompok laki-laki. Super Junior, TVXQ, dan JYJ terdiri yang berada di posisi 3 teratas untuk tahun ini
Choi Kang Ho, direktur Asosiasi Industri Musik Content menyatakan, ”Untuk offline atau penjualan album, mayoritas konsumen yang terdiri dari penggemar setia grup idola bukan penggemar musik biasa … kelompok laki-laki, yang memiliki penggemar yang lebih dekat dibandingkan dengan kelompok perempuan, telah menunjukkan penjualan album yang tinggi. ”
-> kelompok perempuan yang mendominasi sisa tahun
Kelompok perempuan diharapkan terus beruntun untuk sisa tahun ini.
Dengan kelompok-kelompok seperti SNSD, Wonder Girls, T-ara, dan secret
karena telah comebackatau berencana untuk comebacks pada bulan
November tahun ini, antisipasi fans telah berkembang.
Meskipun ada banyak dukungan untuk para idola dan musik mereka, ada juga telah berkembang keprihatinan atas ketidakseimbangan industri musik saat ini. Salah satu produser album menyatakan, ”Dengan semua produser melompat pada musik yang memproduksi untuk kelompok idola,
Meskipun ada banyak dukungan untuk para idola dan musik mereka, ada juga telah berkembang keprihatinan atas ketidakseimbangan industri musik saat ini. Salah satu produser album menyatakan, ”Dengan semua produser melompat pada musik yang memproduksi untuk kelompok idola,
market (pasar) untuk para idola kini telah menjadi
jenuh … Untuk mengatasi ketidak seimbangan industri musik Korea
dan kemajuan terus menerus terhadap Hallyu, investasi harus dibuat dalam
genre lainnya. “
<Idols vs Non-idols Digital Market Share>
(Survey period: 1/2/2011 ~ 10/1/20112011, Digital Chart Top 100)
Idols: 56% (11,079,642,386 Gaon points)
Non-idols: 44% (8,750,954,178 Gaon points)
※Gaon points: streaming + MP3 download + BGM sales + mobile sales
<Idols vs Non-idols Album Market Share>
(Survey period: 1/2/2011 ~ 10/1/20112011, Album Chart Top 100)
Idols: 81% (3,063,899 copies sold)
Non-idols: 19% (707,498 copies sold)
<2011 Digital Sales Ranking>(1/2/2011 ~ 10/1/2011)
1. “I Cheated”(Feat. 박봄) – Infinity Challenge GG (G-Dragon & Park Myung Soo)
2. “Please” – Kyung Yeon 2. “Singing Each Others’ Songs” – Kim Bum Soo
3. “Roly Poly” – T-ara
4. “Don’t Cry Don’t Cry” – Park Bom
5. “Pinocchio (Danger)” – f(x)
6. “Lonely” – 2NE1
7. “Tonight” – Big Bang
8. “The Story Only I Didn’t Know” – IU
9. “I am The Best” – 2NE1
10. “Intuition” – CNBLUE
11. “Rainy Days” – B2ST
12. “My Heart is Beating” – K.Will
13. “Ma Boy” SISTAR
14. “Starlight Moonlight” – SECRET
15. “Good Bye Baby” – miss A
<2011 Album Sales Ranking>(1/2/2011 ~ 10/1/2011)
1. ‘Mr. Simple’ – Super Junior
2. ‘Keep Your Head Down’ – TVXQ
3. ‘In Heaven’ – JYJ
4. ‘Big Bang 4th Mini Album’ – Big Bang
5. ‘Fiction And Fact’ – B2ST
6. ‘Break Down (EP)’ – Kim Hyun Joong
7. ‘First Step’ – CNBLUE
8. ‘STEP’ – KARA
9. ‘Mr. Simple The 5th Album Repackage (A-Cha)’ – Super Junior
10. ‘Hands Up’ – 2PM
11. ‘Big Bang Special Edition’ – Big Bang
12. ’2NE1 2nd Mini Album’ – 2NE1
13. ‘Infinity Challenge West Coast Highway’ – Various Artists
14. ‘Take A Deeper Look (EP)’ – Jay Park
15. ‘Pinocchio’ – f(x)
Source + Photo: Herald Biz via Naver
Via : allkpop || indotrans : Kidihae@koreanindo
(Survey period: 1/2/2011 ~ 10/1/20112011, Digital Chart Top 100)
Idols: 56% (11,079,642,386 Gaon points)
Non-idols: 44% (8,750,954,178 Gaon points)
※Gaon points: streaming + MP3 download + BGM sales + mobile sales
<Idols vs Non-idols Album Market Share>
(Survey period: 1/2/2011 ~ 10/1/20112011, Album Chart Top 100)
Idols: 81% (3,063,899 copies sold)
Non-idols: 19% (707,498 copies sold)
<2011 Digital Sales Ranking>(1/2/2011 ~ 10/1/2011)
1. “I Cheated”(Feat. 박봄) – Infinity Challenge GG (G-Dragon & Park Myung Soo)
2. “Please” – Kyung Yeon 2. “Singing Each Others’ Songs” – Kim Bum Soo
3. “Roly Poly” – T-ara
4. “Don’t Cry Don’t Cry” – Park Bom
5. “Pinocchio (Danger)” – f(x)
6. “Lonely” – 2NE1
7. “Tonight” – Big Bang
8. “The Story Only I Didn’t Know” – IU
9. “I am The Best” – 2NE1
10. “Intuition” – CNBLUE
11. “Rainy Days” – B2ST
12. “My Heart is Beating” – K.Will
13. “Ma Boy” SISTAR
14. “Starlight Moonlight” – SECRET
15. “Good Bye Baby” – miss A
<2011 Album Sales Ranking>(1/2/2011 ~ 10/1/2011)
1. ‘Mr. Simple’ – Super Junior
2. ‘Keep Your Head Down’ – TVXQ
3. ‘In Heaven’ – JYJ
4. ‘Big Bang 4th Mini Album’ – Big Bang
5. ‘Fiction And Fact’ – B2ST
6. ‘Break Down (EP)’ – Kim Hyun Joong
7. ‘First Step’ – CNBLUE
8. ‘STEP’ – KARA
9. ‘Mr. Simple The 5th Album Repackage (A-Cha)’ – Super Junior
10. ‘Hands Up’ – 2PM
11. ‘Big Bang Special Edition’ – Big Bang
12. ’2NE1 2nd Mini Album’ – 2NE1
13. ‘Infinity Challenge West Coast Highway’ – Various Artists
14. ‘Take A Deeper Look (EP)’ – Jay Park
15. ‘Pinocchio’ – f(x)
Source + Photo: Herald Biz via Naver
Via : allkpop || indotrans : Kidihae@koreanindo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar